Pages

Rabu, 25 April 2012

Kenapa cabai bisa Pedas...???

Pedas, dalam bahasa Inggris disebut juga dengan nama Piquance, Piquancy, atau hot (juga merujuk ke hotness, pungence, raciness, spiciness, atau picy hot), merupakan suatu jenis ketajaman dan kesakitan yang khusus terhadap suatu rasa. Di negara-negara Asia, ini merupakan secara tradisional telah dianggap sebagai rasa dasar keenam.

So,Kenapa bisa pedas...?  

Kapsaisin (8-metil-N-vanilil-6-nonenamida) termasuk di dalam Kapsaisinoid, yaitu zat kimia yang menimbulkan rasa pedas yang ada dalam tumbuh-tumbuhan, seperti cabai.
Rasa pedas ini muncul karena kapsaisin menciptakan isyarat yang sama bagi otak seperti saat kulit terkena panas. Berbeda dengan panas, rasa panas dari lidah ini hanya "rasa", bukan terbakar sesungguhnya.
Polisi sering menggunakan kapsaisin untuk menggendalikan massa demonstran. Cairan kapsaisin ini lazim disebut "gas air mata", yang mudah membuat iritasi orang.
Tidak semua makhluk bisa merasa pedas. Burung misalnya, sama sekali tidak dapat merasakan pedas. Jadi burung bisa mengudap cabai dengan leluasa. Penggemar burungpun sering mencampur makanan dengan kapsaisin agar tidak dimakan bajing. Bajing peka terhadap pedas, sedangkan burung sama sekali tidak berpengaruh.

Kapsaisinoid

Kapsaisin adalah kapsaisinoid yang utama di dalam cabai yang diikuti oleh dihidrokapsaisin. Dua campuran ini juga adalah kapsaisinoid yang dua kali lebih panas dari nordihidrokapsaisin, homodihidrokapsaisin, dan homokapsaisin.
Jenis kapsaisinoidSingk.Persentase
kandungan
rata-rata
Skala
Scoville
Struktur Kimia
KapsaisinC69%15.000.000Chemical structure of capsaicin
DihidrokapsaisinDHC22%15.000.000Chemical structure of dihydrocapsaicin
NordihidrokapsaisinNDHC7%9.100.000Chemical structure of nordihydrocapsaicin
HomodihidrokapsaisinHDHC1%8.600.000Chemical structure of homodihydrocapsaicin
HomokapsaisinHC1%8.600.000Chemical structure of homocapsaicin

Tidak larut dalam air

Kapsaisin adalah zat nonpolar, tidak bisa dicampur air, persis seperti minyak. Jadi jika terasa pedas tidak akan sembuh dengan meminum air karena kapsaisin tidak larut, bahkan dengan air kapsaisin bisa merata di dalam rongga mulut.
Cara terbaik menghilangkan pedas adalah dengan lemak atau minyak. Kedua zat itu melarutkan kapsaisin sehingga mudah lenyap dari dalam mulut. Kapsaisin juga memiliki efek antikoagulan. Susu juga dapat digunakan untuk menghilangkan rasa pedas. Kasein dalam susu memilki kemampuan menyerap dan menggumpalkan kapsaisin yang ada di lidah.

Hormat kepada SUMBER , Thx



kalo saya kepedesan Darurat , biasa mengunyah bunga es pada kulkas
walaupun aneh tapi lebih cepat dari cara yang SUMBER berikan...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar