Pages

Kamis, 28 Oktober 2010

walktrough harvest moon back to nature(bahasa Indonesia)

Hello! Saya harap blog ini cukup membantu. Nama saya Septian Maulana Saragih dan saya menulis FAQ tentang HarvestMoon: Back To Nature karena obsesi saya Harvest Moon

Tombol/ Cursor
pastikan anda telah lihai menggunakan semuanya, Oke bro...
segitiga      -Tombol ini pandangan ransel dan akan memberikan informasi dari item yang disorot.
lingkaran    -Tombol ini membatalkan pilihan dan Anda dapat dijalankan jika Anda memegang ini ditekan.
kotak         -Ini akan menggunakan alat yang Anda miliki di tangan Anda.
X               -Tombol ini memilih pilihan menu dan panen akan dan mengambil atau membuang item yang
                    Anda miliki  di tangan Anda.
L1              -Ini akan bersiul untuk anjing Anda.
L2              -Ini akan bersiul untuk kuda Anda.
R1              -Ini akan beralih di antara alat dilengkapi Anda.
R2              -Ini akan menambah atau menghapus item dari ransel Anda.
START       -Tombol ini akan pause game dan membawa layar status.
SELECT    -Ini akan menampilkan peta Harvest Moon Dunia.

ANALOG STICK / D-PAD-Ini akan memindahkan karakter Andadan / atau kursor di sekitar layar.

CERITA PERMULAAN
Anda adalah seorang anak kecil yang akan pergi liburan dengan Anda ayah. (Yang tahu di mana ibumu ....) Tepat sebelum liburan Anda, ayahmu telah diminta untuk pergi pada perjalanan bisnis. Jadi, Anda terjebak harus pergi ke tempat kakek Anda  (pertanian). Anda sampai di sana, Anda bertemu seorang gadis dan menjadi teman dengan cepat nya. Anda menghabiskan waktu dengan dia, menyanyikan lagu, bermain, dan memiliki banyak kesenangan. Ketika tiba saatnya bagi Anda untuk datang ke rumah, Anda menjanjikan kepadanya bahwa Anda akan kembalibeberapa hari dan menikahinya.

Sepuluh tahun telah berlalu. Ketika Anda mengunjungi peternakan kakek Anda, Anda menemukan bahwa ia telah meninggal dunia. Walikota datang dan memberitahu Anda dia akan memberikan tiga tahun untuk memperbaiki peternakan kakek Anda (yang dalam kecelakaan sebenarnya.). Jika gagal maka DEVELOVER akan menjadikan tempat tersebut menjadi taman hiburan. Anda memutuskan untuk mencoba untuk memperbaiki peternakan dan mencoba untuk menemukan gadis yang Anda berjanji untuk menikah .....So Sweet....

ICON HATI DAN KARAKTER GADIS
Hanya untuk memulai, ada 5 anak perempuan berhak Anda dapat tanggal / menikah. Sepertidi Nintendo 64, wanita lima muda Elli, Popuri, Ann, Maria, dan Karen.Ketika Anda berbicara dengan anak-anak mereka memiliki hati yang kecil di bagian walkthrough Harvestmoon Back to Nature

Jika kamu berbicara dengan para gadis, ada icon hati kecil yang berwarna di bawah pesan. Setiap warna mencerminkan tanggapannya terhadapmu. Untuk mendapatkan hati dengan warna tertinggi, kamu harus bersikap baik padanya [PDKT] dan memberikan barang yang dia sukai.

BLACK HATI        -Dia berharap bahwa dia tidak pernah bertemu Anda dan bahwa Anda akan pindah ke kota lain!
PURPLE HATI      -Dia adalah sikapnya biasa-biasa saja terhadapmu
BLUE HATI           -Dia berpikir bahwa anda adalah cowok menarik.
GREEN HATI         -Dia mulai jatuh cinta dengan Anda.
KUNING HATI     -Dia mulai mau pergi kencan dengan Anda.
ORANGE HATI    -Dia mulai berpikir tentang menikah Anda.
MERAH HATI      -Dia jatuh cinta dengan Anda dan ingin menikahi Anda.

Saya sekarang akan masuk ke lebih dalam dari masing-masing karakter yang dapat Anda temui dan menjelaskan bagaimana mereka terlihat.
Karen-Seorang Gadis berambut pirang. Dia biasanya bekerja di supermarket dari jam 01.00~04.00 sore (1-4 P.M.) tahunnya adalah tanggal 15 musim gugur(Fall 15th)
Aan-Gadis berambut Orange ini akan terlihat lebih manis jika kamu sudah mengenalnya dengan baik. Ia biasanya bekerja di Restoran sekitar jam 01.00~03.00 sore (1-3). Ulang tahunnya tanggal 17 musim panas (Summer17 th)
Popuri-Gadis ini mewarnai rambutnya menjadi merah muda dan sangat menyukai binatang-binatang yang ada di hutan. Ia dapat kamua temui sekitar jam 08.00 pagi (8 A.M.) di dekat mata air panas di gunung Ulang tahunnya tanggal 3 musim panas (Summer 3rd)
Elli-Gadis ini berambut Cokelat dan dipotong pendek. Biasanya ia bekerja di rumah sakit/klinik. Ulang tahun nya tanggal 16 musim semi (spring 16th)
MARY-Berambut hitam dan berkacamata. Bekerja dan menghabiskan sebagian waktunya di perpustakaan. Ulang tahunnya tanggal 20 musim dingin (Winter 20th).

KARAKTER LAINNYA
THOMAS-Walikota yang memerintah kota Harvest Moon
Zack sang juragan-Ia yang mengangkut hasil panenmu, ia mengambilanya dari tempat penyimpanan,ia tinggal di dekat pantai(orang terkaya di Harvest moon setelah Ane pake Cheat).
BOLD-Biasa disebut peri ungu ia akan membantumu di kebun jika kamu bersikap baik padanya.
STAID-Disebut juga si peri biru , ia akan membantumu di kebun jika kamu bersikap baik padanya.
AQUA-Disebut juga si peri air , ia akan membantumu di kebun jika kamu bersikap baik padanya.
TIMID-Si peri hijau ,ia akan membantumu dikebun jika kamu bersikap baik padanya.
HOGGY-Si peri kuning, ia akan membantumu di kebun jika kamu bersikap baik padanya.
CHEF-Si peri merah, ia akan membantumu di kebun jika kamu bersikap baik padanya.
NAPPY-Si peri oranye, ia akan membantumu di kebun jika kamu bersikap baik padanya.
LOUIS-Ia hampir selalu ada di rumah Gotz, dan ia sangat suka pergi ke gunung untuk mencari Rare Bees (Lebah Spesial).
SAIBARA-Seorang pandai besi , ia akna membantumu untuk meng-upgrade peralatan jika kamu telah memiliki mineral yang diperlukan dan uang yang cukup .
Barley-Pemilik Youdel Ranch, ia akan menjual sapi dan dombanya kepadamu jika kamu memiliki cukup Rumput. Kamu jua dapat memperoleh kuda darinya (Gratis)
GREG-Seorang nelayan, kamu dapat memperoleh alat pancing darinya. Ia selalu bekerja keras untuk menangkap ikan di pantai.
Cliff-Ia menukai Ann, ia hampir selalu ada di dalam ge
reja mendoakan masa lalu dan masa depannya.
KAI-Ia hanya datang setiap musim panas (Summer) adalah pemilik toko di pantai.
STU-Stu berusia 7 tahun, ia adalah adik Elli, memiliki kemampuan yang hebat dalam Festival Tomat.
DOKTER-Dia tidak benar-benar memiliki nama (Ane sumpah) dan dia adalah dokter di Rumah Sakit / Klinik.
Carter-Dia adalah imam kota dan dia hampir selalu di gereja. Anda dapa masuk di kotak(Ruang) pengakuan di gereja dan katakan Anda masalah.
Ellen-Dia adalah nenek Elli, dia biasanya di dalam rumahnya atau dia duduk-duduk saja di luar rumahnya.
DUKE-Pemiliki kebun anggur dan bersedia menjual minuman anggur padamu.
Gotz-Dia adalah tukang kayu satu-satunya di kota dan dia dengan senang hati akan membangun Anda tambahan jika memiliki uang dan kayu. Jika Anda tidak memiliki kayu, tapi memiliki banyak uang, ia akan menjual kayu untuk 50g sepotong.
WON-Dia memakai kuning dan biasanya di restoran mencoba untuk menjual beberapa berguna biji.
May-Gadis berusia 7 tahun yang selau selalu bermain sekitar dengan Stu dan kadang-kadang Elli.
Sasha-Ibu Karen dan adalah istri Jeff.
LILLIA-Ibu Popuri yang menjual ayam, pakan ayam, dan obat untuk ayam (serba-serbi dari BlackBerry hehehe).
JEFF-Pemiliki/Pengelola Supermarket biasanya dibantu dengan Karen dan Sasha dan dikenal untuk membiarkan orang-orang menunda pembayaran untuk barang-barang di supermarket-nya (NGU-TANG).
HARRIS-Dia adalah polisi kota. yanga dilakukan hanya berpatroli.
BASIL-Kelihatannya seperti ia suka menghabiskan waktunya di hutan tetapi kenyataanya tidak demikian.
MANNA-Dia adalah istri dari Duke (ibu-ibu paling cantik di Harvest moon menurut gue sihh??).
ANNA-Dia adalah seorang ibu dan kadang-kadang di alun-alun kota berbicara dengan beberapa wanita lain (Gelar DEWI ngerumpi atau ngegosip halah... sama aja).
Rick-Dia adalah saudara Popuri dan sering membuat Popuri sangat marah padanya(doeloe gue kira dia cewek pas nge-testing-testing ngelamar Eh' laki-laki ,dasar ketipu ane).
Kano-Dia kadang-kadang di rumah Thomas. Ia adlah seorang pornografer eh'maksud saya Fotografer yang ingin sekali mengabadikan foto manusia dan hewan yang hidup berdamping(versi gue hidup berdampingan dengan binatang= binatang makan manusia dan manusia makan binatang Tunggu'!!!  ini gak penting deh).
GRAY-Agak sulit ditemui karena ia seorang yang pemalu(versi gue= pemalu sekarang beda tipis ama sombong)
HAKIM GOURMET-Biasanya berada di Food Festival (festival makanan), ia menjadi juri yang mencicipi makanan peserta lomba(ini orang yang paling memuakan tampangnya setelah walikota kampret itu!!).
Doug-Istrinya meninggal, tapi ia membesarkan putrinya yang bernama Ann dengan baik(Satu-satunya Duda di Harvest moon Eh'ini juga gak penting??).



Peralatan
dalam permainan ini kita di berikan peralatan sebagai petani dan peternak
Pada bagian ini, saya akan daftar alat dasar yang dapat Anda gunakan. Beberapa alat-alat ini

*** HAMMER ***- : Alat ini bisa di gunakan untuk meratakan tanh yang sudah di cangkul dan  memecah batu kecil dan setelah Anda meng-upgrade dapat mematahkan batu yang lebih besar dan jika Anda meng-upgrad elagi Anda dapat memecahkan batu-batu besar.

*** SICKLE ***- Anda mulai dengan alat ini: sabit ini akan banyak membantu Anda dengan memotong rumput dan juga dapat memotong tanaman yang mati/hidup. Anda juga dapat menggunakan ini untuk memotong rumput liar, tapi lebih mudah menarik gulma(rumput) dengan tangan dan juga menghemat energi Anda(beneran lohh'!!! gak boros stamina).

 *** HOE ***- Cangkul di gunakan utnuk menggemburkan tanah sehingga Anda dapat menanam bibit tanaman dan bercocok tanam. Anda juga dapat meng-upgradenya dan "menggali" di tambang dengan cangkul untuk mendapatkan beberapa mineral(jika kamu mengali di tambang meski setinggi apapun level cangkulmu tetap saja hanya dapat menggali satu kotak saja).

*** AXE ***- kapak akan memotong ranting pohon dan setelah Anda meng-upgrade tool ini Anda dapat mulai untuk memotong tunggul pohon yang diinginkan.

*** WATERING CAN ***- Alat Penyiram ini di gunakan untuk menyirami tanaman( ya'eya..lah!!!) dengan kemampuan spesifikasi Windows 7 Ultimate,NVIDIA GeForce, 500 GB HDD( Tunggu emangnya Notebook) oke serius,, batasan seratus petak, kalo gak percaya liat aja di penjelasan dari tombol segitiga . Isi alat penyiram ini dengan air sungai,Air Terjun, danau atau kolam yang dekat rumah. (bukan kolam air panas ya...).

*** FISHING ROAD(pancingan biasa) ***- Anda mendapatkan tool ini dari Greg, nelayan di Pantai kunjungi Greg pada hari (Sabtu, Minggu, dan Senin) dan sediakan satu slot kosong di Ranselmu, bicara padanya dan pilih ya/yes . setelah Anda menangkap ikan Anda bisa menempatkannya pada kolam ikan anda dan meningkatkan ikan cukup dengan memberi pakan ikan dosis 1 kali lempar untuk satu kolam perhari(Serius).

*** FISHING POLE(pancingan spesial) ***- Alat ini mungkin terbukti menjadi sedikit lebih susah maka untuk mendapatkan Fishing Rod. Hal yang baik tentang FISHING POLE meskipun adalah bahwa lebih mudah untuk menangkap ikan dengan dan Anda dapat menangkap ikan 6 Legendaris dengan itu. Untuk mendapatkan FISHING POLE, Anda perlu memiliki Fishing Rod. Setelah Anda menyimpan setidaknya 50 ikan di Anda Fishing Pond(kolam ikan yang di dekat rumah), Greg akan datang suatu hari  , Greg berkata,"Anda untuk menangkap ikan begitu banyak". Dia juga mengatakan bahwa Anda mungkin akan menjadi seorang nelayan yang sangat hebat satu hari . Dia begitu senang dengan Andaia memberi Anda FISING POLE. Ini adalah Pancingan terbaik ada jadi gunakan dengan bijak untuk menangkap ikan 6 Legendaris. Jika Anda ingin tahu bagaimana menangkap setiap Ikan legendaris, memeriksa Bagian Secrets!

*** BRUSH(sikat) ***- Anda dapat membeli alat ini dari Saibara: sikat ini adalah satu alat penting karena untuk membersihkan sebagian besar hewan Anda dan hewan Anda senang dengan itu. Anda dapat sikat kuda, sapi, dan domba dengan alat ini dan membuat mereka bertambah jumlah love-nya.

*** RUCKSACK(ransel) ***- Anda mulai dengan alat ini tetapi, Anda juga dapat membeli yang lebih besar yang: ransel akan terus alat Anda di bagian atas. Bagian bawah akan memegang makanan, bunga, dan mineral Anda dapat dari tambang. Ketika Anda pertama kali mendapatkan ransel, Anda hanya bisa menampung dua slot di dalamnya tetapi , setelah Anda meng-upgrade, Anda dapat menyimpan lebih banyak.

*** MILKER ***- Anda dapat membeli alat ini dari Saibara: pemerah akan susu sapi Anda di gudang. permainan untuk mendapatkan banyak susu adalah,sapi lebih bahagia(jumlah love banyak),kualitas susu lebih baik.

*** CLIPPERS ***- Anda dapat membeli alat ini dari Saibara: CLIPPERS akan memmotong wol dari domba Anda. Juga, jika domba adalah domba bahagia(jumlah love banyak), Anda akan mendapatkan wol yang lebih baik.

*** BASKET(Keranjang) ***- Anda dapat membeli alat ini dari Supermarket: Keranjang Anda dapat membeli dan dapat cukup mahal tetapi juga bernilai uang dan bisa menghemat banyak waktu. Anda dapat memiliki hingga 30 item dalam keranjang pada satu waktu. Anda dapat membawa ini sekitar untuk baris Anda tanaman dan beban tanaman dikeranjang. Kemudian, Anda membawanya ke manapun bin pengiriman dan tekan alun-aluntombol untuk membuang tanaman di bin pengiriman.

*** BALL DOG ***- Anda dapat membeli alat ini dari Won , anjing Anda sepenuhnya tumbuh basar: Setelah anjing Anda sepenuhnya tumbuh besar, Won akan datang ke rumah Anda suatu hari dan menjual alat ini. Anda harus membelinya karena dapat membantu anjing anda memenangkan Dog Race Festival. Yang harus Anda lakukan adalah membuang bola di dekat anjing Anda, dan anjing Anda akan mengambilnya.




PERMUSIMAN
Sebagai orang banyak Anda tahu, ada musim yang berbeda dalam permainan.Musim ini adalah Spring, Summer, Fall, dan Winter. Anda dapat tumbuh berbedatanaman pada musim yang berbeda. Ketika Anda memainkan permainan baru, Anda selalu akan mulaidi tanggal 1 Spring. Ketika saya mengatakan bahwa Anda dapat kembali tumbuh tanaman, saya berarti bahwaselama Anda terus menyiram tanaman, akan terus menghasilkansepanjang musim tanpa harus membeli bibit baru. Sekarang saya akan menjelaskanapa tanaman yang Anda dapat tumbuh di musim yang berbeda.

(((((***** SPRING *****)))))

Lobak-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 60g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 4 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? NO

KENTANG-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 80 g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 7 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? NO

Kubis-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 250g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 14 - BisaAnda kembali tumbuh tanaman ini:? NO

Ketimun-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 60g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 9 - BisaAnda kembali tumbuh tanaman ini:? YES

STROBERI-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 30g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 8 - BisakahAnda kembali tumbuh tanaman ini:? YES

SUMMER (((((***** *****)))))

BAWANG-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 80 g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 7 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? NO

Pumpkins-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 250g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 14 - BisaAnda kembali tumbuh tanaman ini:? NO

TOMAT-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 60g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 9 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? YES

JAGUNG-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 100g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 14 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? YES

NENAS-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 500g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 20 - BisaAnda kembali tumbuh tanaman ini:? YES

(((((***** FALL *****)))))

Wortel-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 120G-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 7 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? NO

BAYAM-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 80 g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 5 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? NO

Terong-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 80 g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 9 - Dapatkah Andakembali tumbuh tanaman ini:? YES

UBI JALAR-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 120G-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 5 -Dapatkah Anda kembali tumbuh tanaman ini:? YES

PEPPERS HIJAU-uang yang anda dapatkan untuk setiap tanaman: 40g-Hari untuk sepenuhnya tumbuh: 7 -Dapatkah Anda kembali tumbuh tanaman ini:? YES

WINTER (((((***** *****)))))

Di musim dingin, Anda tidak bisa tumbuh tanaman kecuali Anda memiliki rumah kaca. Arumah kaca seperti rumah kaca mini. Tidak ada bibit khusus untuk musim dinginjadi jika Anda memiliki rumah kaca, Anda harus menggunakan beberapa biji lain darimusim lainnya. Bila Anda tumbuh tanaman di rumah kaca, Anda bisa membuat sedikituang ekstra dari tanaman bersama jika Anda adalah pertambangan juga!

PERHEWANAN
Dalam Bagian ini, saya akan bercerita tentang berbagai hewan dalam permainan.Meskipun hewan terlihat seperti mereka tidak akan menjadi pembuat uang yang sangat besar, tidak pernahmeremehkan mereka. Mereka dapat membuktikan menjadi cukup keuntungan di peternakan Anda. MembuatPastikan bahwa Anda kawanan hewan-hewan di dalam kandang pada hari-hari hujan ...

(((((***** AYAM *****)))))

Ayam adalah salah satu hewan paling mudah dan paling terjangkau dipermainan. Yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan ayam adalah pakan setiap hari. Setelah Andamembeli satu ayam, tidak perlu membeli lagi. Anda hanya perlu menetassisa ayam dalam inkubator dengan telur ayam. Setiap ayamhanya meletakkan satu telur sehari. Setelah Anda memperpanjang kandang ayam Anda dari Gotz, Andadapat membeli pembuat mayones yang Anda dapat mengubah telur Anda ke dalam mayones.Mayones juga jauh lebih menguntungkan maka telur sehingga merupakan investasi yang baikuntuk membeli satu.

(((((***** SAPI *****)))))

Sapi dapat menjadi salah satu hewan yang paling menguntungkan dalam permainan tetapi, Merekamemerlukan sedikit perawatan. Sebelum Anda membeli sapi, Anda harus menanam banyakrumput sehingga bernyanyi yodel Ranch akan menjual sapi. Setiap hari, Anda harus sikatsapi masing-masing, berbicara dengan mereka dan memberi mereka untuk tetap sehat dan menghasilkan susu.Sementara susu sapi anda mendapatkan uang di, pembuat keju akan lebihmenguntungkan. Dalam rangka untuk mendapatkan pembuat keju, Anda perlu memperluas gudang Andadan kemudian membelinya dari pandai besi. Juga, C.M. Ramuan akan mendapatkan sapi Andahamil sehingga Anda dapat meningkatkan sapi lain. Satu-satunya hal yang buruk tentang kehamilanadalah bahwa Anda tidak dapat susu sapi ibu ketika dia hamil.

(((((***** SHEEP *****)))))

Sama seperti sapi, Anda membutuhkan pakan yang cukup untuk bernyanyi yodel Ranch untuk menjual satuAnda. Anda juga, seperti sapi, harus sikat, bicara, dan memberi makan setiap domba setiap hari.domba menghasilkan wol setiap tujuh hari dan bernilai cukup sedikit uang.Jika Anda mengupgrade gudang, Anda dapat membeli mesin pembuat benang daripandai besi. Benang bernilai banyak uang di kota ini. Juga, seperti sapi, Andabisa hamil domba dengan Ramuan S.M. Anda juga tidak bisa geser domba ketikamereka hamil.

(((((***** ANJING *****)))))

Anda anjing terpercaya tua. Anda harus hewan peliharaan anjing Anda sehari-hari dan bermain boladengan dia untuk membuat anjing Anda bahagia. Jika Anda menyukai anjing Anda, dan jika Anda bermainbola dengan anjing anda banyak, anjing Anda akan mulai untuk berbuat lebih baik di Dog Races dandengan mulai melindungi tanaman Anda dari binatang liar. Anda juga tidak perlumemberi makan anjing Anda. Sama seperti pepatah lama, anjing adalah Mans (atau wanita) terbaikteman.

(((((***** KUDA *****)))))

Anda harus sikat kuda Anda sehari-hari untuk membuatnya bahagia. Juga, seperti Andaanjing, Anda tidak perlu untuk memberi makan kuda Anda. Anda harus mencoba untuk menjadi bagus untuk Andakuda untuk membuatnya berbuat baik dalam pacuan kuda lokal pada 18 Spring.Juga, jika Anda tidak merawat kuda Anda Barley akan membawanya pergi. Banyakorang kota-kota seperti seorang petani yang tahu bagaimana naik kuda terlatih danmenang di pacuan kuda.




FESTIVAL
Dalam bagian BLOG ini, saya akan memberitahu Anda musim dan setiap hariFestival dan akan menjelaskan setiap Festival ini juga. Ada banyak yang berbedafestival dalam game ini dan masing-masing dari mereka yang menyenangkan untuk bermain.

(((((***** SPRING *****)))))
FESTIVAL-1 Spring TAHUN BARU: Untuk Festival ini, semua warga kotaberkumpul di alun-alun kota untuk berpikir tentang tahun-tahun mendatang dan whats terjaditerjadi di tahun berikutnya.
FESTIVAL-8 Spring DEWI: Untuk Festival ini, gadis-gadis yang dapat Andamenikah akan melakukan tarian untuk Anda. Sehari sebelum Festival, meminta gadis ituAnda suka jika dia akan pergi dengan Anda. Jika dia tidak menyukai Anda cukup, ia akanmungkin mengatakan bahwa dia pergi dengan orang lain.
FESTIVAL-14 Spring SYUKUR: Ini benar-benar bukan Festival, tapi Andadan penduduk kota lainnya memberikan teman Anda permen. Jika Anda memberikan gadis itu yang Andaseperti manis, dia akan bahagia.
LOKAL KUDA RACE FESTIVAL-18 Spring: Untuk ini Anda dapat ras Festivalkuda atau bertaruh pada kuda (s) yang akan menang. Anda harus menggunakanmedali untuk bertaruh pada kuda. biaya medali Satu 50g. Berikut adalah daftar hadiahAnda bisa mendapatkan dengan medali:

Power Berry: 1001 medali
Gelang: 42 medali
Kalung: 35 medali
Anting: 33 medali
Turbojolt XL: 21 medali
Bodigize XL: 15 medali
Truffle: 12 medali
Mystrile: 3 medali
COOKING FESTIVAL-22 Spring: Setelah Anda memiliki dapur, Anda dapatberpartisipasi dalam Festival Memasak jika Anda membawa sepiring buatan sendiri. A gourmethakim akan menentukan pemenang Festival.

SUMMER (((((***** *****)))))
RENANG FESTIVAL-1 of Summer: Untuk Festival ini, Anda mencoba untuk berenang kebatu dan memukul orang lain. Ini tidak semudah seperti yang terlihat. Anda harus berenangdan ketika Anda lelah Anda harus datang untuk udara. Hal ini juga sulitkarena Kai adalah perenang yang sangat cepat dan sering sulit untuk mengalahkan.
AYAM SUMO FESTIVAL-7 of Summer: Untuk Festival ini, membawa bahagia Andaayam untuk bersaing dengan ayam-ayam lainnya. ayam akan mencoba untuk mengetukkeluar lain ayam cincin. Juga, jika Anda menang. ayam Anda akan mulaiuntuk bertelur emas yang bernilai banyak uang.
TOMAT FIGHT FESTIVAL-12 of Summer: Festival ini, menurut pendapat saya, adalahterbaik. Anda dapat berbicara dengan orang dan mereka mungkin akan meminta Anda untuk bergabung dengan tim mereka. Thetim yang Anda bergabung akan membuat semua orang di bahwa tim seperti Anda lebih banyak. Oh, danhati-hati, Stu memiliki lengan yang cukup bagus.
SAPI FESTIVAL-20 of Summer: Untuk Festival ini, Anda harus memasukkan Andabahagia sapi (jika Anda memilikinya) untuk Festival. Jika sapi Anda memenangkanFestival itu akan menjadi jauh lebih bahagia dan akan mulai menghasilkan beberapa emassusu yang bernilai banyak uang.
Kembang api FESTIVAL-24 Summer: Festival ini dimulai pada pukul 6 sore dipantai. Anda harus bertanya kepada gadis yang Anda sukai untuk duduk bersama Anda untuk menontonkembang api. Jika Anda melakukannya, dia akan seperti Anda lebih banyak.

(((((***** FALL *****)))))
FESTIVAL MUSIK-3 dari Fall: Untuk Festival ini, Anda memutar musik di gerejadan Karen akan menyanyi. Pastikan untuk pergi ke gereja tepat pada 06:00 atauFestival akan hancur.
HARVEST FESTIVAL-9 Jatuh: Untuk Festival ini, Anda bisa membawa makanan yang Andaingin menambah mangkuk besar sup. Jika Anda membawa sesuatu yang buruk,semua warga kota akan membenci sup. Jika Anda membawa sesuatu yang baik, mereka akansemua seperti sup.
MOON FESTIVAL-13 Jatuh: Pada 06:00 pastikan untuk naik ke puncakIbu's Hill karena gadis yang kamu kencan akan menunggu untuk Anda.Anda berdua akan menonton bulan seperti naik tinggi di langit dan Anda akan baikbicara dan memiliki waktu yang baik. Gadis yang dengan Anda juga akan menyukai Anda banyaklebih karena Anda menghabiskan waktu dengannya.
SHEEP FESTIVAL-21 Jatuh: Untuk Festival ini, Anda harus memasukkan Andabahagia domba. Jika domba anda memenangkan Festival itu akan mulai tumbuh emaswol yang bernilai banyak uang.

WINTER (((((***** *****)))))
DOG RACE FESTIVAL-10 Winter: Sama seperti pacuan kuda, Anda akan berlombaanjing Anda, Anda berjalan di depan anjing Anda dan akan mengikuti aroma Anda. jika Andaberjalan cepat akan kehilangan aroma Anda. Juga, jika anjing Anda senang akanlebih mudah untuk menang.
Pengagum SYUKUR FESTIVAL-14 Winter: Saya suka festival ini karenagadis (s) yang seperti Anda akan memberikan Anda barang dan makanan. Semakin banyak anak perempuan yangseperti Anda, lebih banyak barang yang Anda dapatkan.
STAR NIGHT FESTIVAL-24 Winter: Anda harus berbicara dengan gadis itu yang Andaseperti sering sebelum Star Night Festival karena jika dia menyukai anda dia akanmengundang Anda untuk makan malam bersama orangtuanya dan dia. Dia juga akan seperti Anda lebihsetelah Anda makan malam.
TAHUN BARU FESTIVAL-30 Winter EVE: Di bagian atas adalah Ibu Hillwarga kota akan berkumpul untuk merayakan awal tahun baru. Semua orangjuga akan berpikir tentang hal-hal yang mungkin terjadi diseluruh berikutnyatahun.
CUACA
Dalam permainan ini, cuaca dapat menjadi salah satu hal yang paling penting yangakan membantu Anda atau bisa menghancurkan peternakan Anda. Saat hujan atau salju keluar, Andatidak perlu air tanaman Anda karena hujan / salju akan air tanamanuntuk Anda (hanya berpikir aku akan menyebutkan bahwa hujan / air tanaman Anda saljukarena ayah saya menyiram tanaman-nya ketika hujan keluar dan dia tidaktahu bahwa air hujan salju / untuk anda), yang merupakan hal yang baik.

Hal yang buruk tentang saat hujan / salju keluar adalah bahwa ketika Anda bekerja dicuaca buruk, Anda memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan sakit dan tidur berlebihan. Juga,Badai dapat terjadi dan mereka dapat menghapuskan beberapa dari Anda tanaman bersama dengan AndaRumah kaca jika Anda memiliki satu dan juga dapat membunuh beberapa hewan Anda jika merekaberada di luar (Jika mereka tidak dibunuh, maka mereka mungkin sakit dan Anda akanharus membeli obat-obatan untuk membuat mereka lebih baik). Jika hal ini terjadi, ini bisa menghabiskan biayabundel untuk memperbaiki peternakan Anda, membeli hewan baru, dan / atau membeli obat untuk Andahewan. Jadi, untuk mencegah hal ini, Anda harus menonton saluran cuaca pada Andatelevisi harus dipersiapkan. Hanya ingin memperingatkan Anda bahwa cuaca pentingdalam game ini karena bisa mendapatkan biaya banyak uang jika Anda tidak mengambilhati-hati sama sekali.
TANGGALAN /CALENDAR
bagian ini, saya akan memiliki kalender untuk setiap musim untuk membiarkan Anda tahu kapan ulang tahun semua orang adalah dan ketika festival mendatang adalah. Saya juga akan memberi tahu Anda apa festival yang akan datang. Ini bagian dapat membantu Anda jika Anda tidak tahu ulang tahun orang lain dan jika Anda ingin untuk pergi ke sebuah festival tetapi Anda tidak tahu hari apa itu ada di. Ada juga hanya30 hari dalam satu musim dan 120 hari dalam setahun.

(((((***** SPRING *****)))))
Day 1-Minggu: Hari Tahun Baru Festival adalah hari ini.
Hari 2-Senin: Hari ini adalah hari ulang tahun Louis.
Hari 3-Selasa: (nothing)
Hari 4-Rabu: Hari ini adalah hari ulang tahun Bold
Hari 5-Kamis: (nothing)
Hari 6-Jumat: (nothing)
Hari 7-Sabtu: (nothing)
Hari 8-Minggu: Festival Dewi saat ini.
Hari 9-Senin: (nothing)
Hari 10-Selasa: (nothing)
Hari 11-Rabu: Hari ini adalah hari ulang tahun Saibara's.
Hari 12-Kamis: (nothing)
Hari 13-Jumat: (nothing)
Hari 14-Sabtu: Festival Thanksgiving adalah hari ini.
Hari 15-Minggu: Hari ini adalah hari ulang tahun tenang dan serius itu.
Hari 16-Senin: Hari ini adalah hari ulang tahun Elli's.
Hari 17-Selasa: Hari ini Ulang Tahun Barley's.
Hari 18-Rabu: Lokal Horse Race Festival adalah hari ini.
Hari 19-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Lillia's.
Hari 20-Jumat: Hari ini akan menjadi ulang tahun Elli jika ulang tahun Anda adalah Musim Semi16.
Hari 21-Sabtu: (nothing)
Hari 22-Minggu: (nothing)
Hari 23-Senin: (nothing)
Hari 24-Selasa: (nothing)
Hari 25-Rabu: (nothing)
Hari 26-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Aqua.
Hari 27-Jumat: (nothing)
Hari 28-Sabtu: (nothing)
Hari 29-Minggu: Hari ini Birthday Greg.
Hari 30-Senin: Hari ini adalah hari ulang tahun Sasha's.

SUMMER (((((***** *****)))))
Hari 1-Selasa: Festival Berenang adalah hari ini.
Hari 2-Rabu: (nothing)
Hari 3-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Popuri's.
Hari 4-Jumat: Hari ini adalah hari ulang tahun Harris.
Hari 5-Sabtu: (nothing)
Hari 6-Minggu: Hari ini adalah hari ulang tahun Cliff.
Hari 7-Senin: Hari ini adalah Festival Sumo Ayam.
Hari 8-Selasa: (nothing)
Hari 9-Rabu: (nothing)
Hari 10-Kamis: Hari ini akan menjadi ulang tahun Popuri jika ulang tahun Anda Summer3.
Hari 11-Jumat: Hari ini adalah hari ulang tahun Basil.
Hari 12-Sabtu: Tomat Fight The Festival adalah hari ini.
Hari 13-Minggu: (nothing)
Hari 14-Senin: (nothing)
Hari 15-Selasa: (nothing)
Hari 16-Rabu: Hari ini adalah hari ulang tahun penakut's.
Hari 17-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Ann.
Hari 18-Jumat: (nothing)
Hari 19-Sabtu: (nothing)
Hari 20-Minggu: Festival Sapi saat ini.
Hari 21-Senin: (nothing)
Hari 22-Selasa: Hari ini adalah hari ulang tahun Kai dan akan ulang tahun Ann jika Anda ulang tahun Summer 17.
Hari 23-Rabu: (nothing)
Hari 24-Kamis: Festival Fireworks sekarang ini.
Hari 25-Jumat: Hari ini adalah hari ulang tahun Thomas.
Hari 26-Sabtu: (nothing)
Hari 27-Minggu: (nothing)
Hari 28-Senin: (nothing)
Hari 29-Selasa: Hari ini adalah hari ulang tahun Zack.
Hari 30-Rabu: (nothing)

(((((***** FALL *****)))))
Hari 1-Kamis: (nothing)
Hari 2-Jumat: Hari ini adalah hari ulang tahun Gotz's.
Hari 3-Sabtu: Festival Musik adalah hari ini.
Hari 4-Minggu: (nothing)
Hari 5-Senin: Hari ini adalah hari ulang tahun Stu.
Hari 6-Selasa: (nothing)
Hari 7-Rabu: (nothing)
Hari 8-Kamis: (nothing)
Hari 9-Jumat: Harvest Festival adalah hari ini.
Hari 10-Sabtu: Hari ini adalah hari ulang tahun Hoggy's.
Hari 11-Minggu: Hari ini adalah hari ulang tahun Manna's.
Hari 12-Senin: (nothing)
Hari 13-Selasa: Festival Bulan adalah hari ini.Hari 14-Rabu:
Hari ini adalah hari ulang tahun Chef's.
Hari 15-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Karen.
Hari 16-Jumat: (nothing)
Hari 17-Sabtu: Hari ini adalah ulang tahun dokter.
Hari 18-Minggu: (nothing)
Hari 19-Senin: (nothing)
Hari 20-Selasa: Hari ini adalah hari ulang tahun Carter.
Hari 21-Rabu: Festival Sheep sekarang ini.
Hari 22-Kamis: (nothing)
Hari 23-Jumat: Hari ini adalah hari ulang tahun Anna dan akan ulang tahun Karen jika Anda Kejatuhan ulang tahun ke-15.
Hari 24-Sabtu: (nothing)
Hari 25-Minggu: (nothing)
Hari 26-Senin: (nothing)
Hari 27-Selasa: Hari ini adalah hari ulang tahun Rick.
Hari 28-Rabu: (nothing)
Hari 29-Kamis: (nothing)
Hari 30-Jumat: (nothing)

 (((((*****WINTER*****)))))
Hari 1-Sabtu: (nothing)
Hari 2-Minggu: Hari ini adalah hari ulang tahun Kano.
Hari 3-Senin: (nothing)
Hari 4-Selasa: (nothing)
Hari 5-Rabu: (nothing)
Hari 6-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Greg.
Hari 7-Jumat: (nothing)
Hari 8-Sabtu: (nothing)
Hari 9-Minggu: (nothing)
Hari 10-Senin: The Dog Race Festival adalah hari ini.
Hari 11-Selasa: (nothing)
Hari 12-Rabu: (nothing)
Hari 13-Kamis: Hari ini adalah ulang tahun Ellen.
Hari 14-Jumat: The Admirer Festival Thanksgiving adalah hari ini.
Hari 15-Sabtu: Hari ini adalah hari ulang tahun Duke.
Hari 16-Minggu: (nothing)
Hari 17-Senin: (nothing)
Hari 18-Selasa: (nothing)
Hari 19-Rabu: Hari ini adalah hari ulang tahun Won.
Hari 20-Kamis: Hari ini adalah hari ulang tahun Maria.
Hari 21-Jumat: (nothing)
Hari 22-Sabtu: Hari ini adalah hari ulang tahun Popok's.
Hari 23-Minggu: (nothing)
Hari 24-Senin: The Star Night Festival adalah hari ini.
Hari 25-Selasa: Hari ini akan menjadi ulang tahun Maria jika ulang tahun Anda adalah Winter20.
Hari 26-Rabu: Hari ini adalah hari ulang tahun Maria.
Hari 27-Kamis: (nothing)
Hari 28-Jumat: (nothing)
Hari 29-Sabtu: Hari ini adalah hari ulang tahun Jeff.
Hari 30-Minggu: Tahun Baru malam festival Festival adalah hari ini.

RAHASIA!!!!!
Pada bagian ini, saya akan memberitahu Anda bagaimana untuk mendapatkan 10 Berries Power bersamadengan Berry Kuasa Khusus. Saya juga akan memberitahu Anda bagaimana untuk menangkap 6Ikan legendaris. Akan ada lebih banyak untuk bagian ini ketika saya menemukan lagi rahasiakeluar dalam permainan. Nikmatilah!
----------------------************* POWER Berries ************* ---------------

Anda meminta untuk itu, dan sekarang Anda mendapatkannya. Semua Power Berries bahwa Andabisa mendapatkan dalam permainan di sini ditambah saya telah menemukan Power Berry Khusus. Yah,cukup bicara, di sini adalah Kekuatan Berries!

Power Berry # 1. Setelah Anda telah memenangkan medali 1001 dari pacuan kuda, Anda dapatperdagangan medali untuk walikota, untuk Power Berry.

Power Berry # 2. Jika Anda pergi memancing di Samudra banyak, off dari dermaga,maka akhirnya Anda akan menangkap Power Berry saat memancing. Dibutuhkan panjangwaktu untuk menangkap satu meskipun ...

Power Berry # 3. Power Berry ini cukup mudah untuk mendapatkan. Pergilah ke Tambangdekat Hot Springs dan menggali dengan Anda Hoe. Sebelum Anda menyadarinya, Anda menggaliPower Berry dan Anda memakannya.

Power Berry # 4. Power Berry ini juga mudah untuk mendapatkan. Pergilah ke Musim DinginTambang dan menggali dengan Anda Hoe sana. Setelah beberapa menit menggali, Andaharus mencari Power Berry.

Power Berry # 5. Power Berry ini sangat mudah untuk mendapatkan. Yang harus Andalakukan adalah pergi ke balik Tambang Winter dan terus menekan tombol X. Bila Andatekan tombol X di dekat Upper Waktu Sudut Tambang Winter, Anda harusmendapatkan power berry.

Power Berry # 6. Power Berry ini tidak sulit untuk mendapatkan baik. Naik keCedar Pohon yang berdiri sendirian di daerah di mana Pegununganada ton bunga dan mencoba untuk menebang pohon Cedar. Pohon Cedarkemudian akan berbicara dengan Anda mengatakan bahwa itu adalah lebih dari 100 tahun dan yang tidaktidak ingin menebang. Jika Anda mengatakan pohon bahwa Anda tidak akan memotong ke bawah, ituakan memberi Anda Berry Power. Juga, setelah Pohon Cedar telah memberikan AndaPower Berry, dan Anda mencoba untuk memotong itu turun lagi, Anda akan pingsan, berakhir diRumah Sakit, dan Gotz akan sangat marah padamu. Jadi, saya akan menyarankan untuk tidakmencoba untuk memotong pohon ke bawah setelah Anda mendapatkan Power Berry dari itu.

Power Berry # 7. Setelah Anda mendapatkan semua Alat-alat dari TVBelanja Jaringan, mereka akan menawarkan untuk menjual Power Berry hanya 5.000 g. Andaharus pergi ke restoran dan menggunakan telepon untuk memesan Power Berry. Tigahari kemudian Power Berry akan tiba.

Power Berry # 8. Jika Anda datang pertama di Festival Berenang, dan mengalahkansetiap orang lain di kota, Anda akan menerima Power Berry untuk berenang benar-benarbaik.

Power Berry # 9. Selama musim panas, jika Anda menanam setidaknya 90 bunga, Annaharus datang dan meminta untuk memilih beberapa. Jika Anda menjadi pria yang baik dan biarkan memilih dia sebagaisebanyak yang dia inginkan secara gratis, ia akan memberi Anda Berry Power. Lihat apa yang dapat Andamendapatkan untuk melakukan perbuatan baik.

Power Berry # 10. Power Berry ini adalah agak sulit untuk mendapatkan. Pertama,pastikan bahwa Anda memiliki sayuran matang harus menunggu untuk diambil pada Andapertanian. Pergi ke Hot Springs dan melemparkan salah satu sayuran Anda dalam kolam. Membuatyakin bahwa Anda berdiri di belakang air terjun. Juga, hanya melemparkansayuran dalam air pada hari Sunny. Jika Anda melemparkan di Malam, padaFestival Day, atau Hari Cuaca Buruk, dia akan marah pada Anda. Anda juga harusmelemparkan sayur di kolam, di balik air terjun jika di suatu tempat diantara 6:00-9:00 Lakukan ini selama lima hari berturut-turut dan ia akan memberi AndaPower Berry.

Rahasia ***** Power Berry # 11 .***** Pastikan Anda memiliki tiga Ketimunsebelum melakukan hal ini. Dalam kedua Fall Spring, Summer, atau, membawa 3 mentimun kePegunungan dengan Anda. Pergi ke Ibu Danau dan berdiri di sisi kiriDanau di depan dua pohon. Perhatikan Anda harus berdiri di tepattempat untuk bekerja! Jika Anda melemparkan tiga Ketimun di Danau, makaKappa akan muncul. Jika ia tidak muncul, mendapatkan tiga mentimun lebih banyak dan berdiridi tempat yang sedikit berbeda, tapi masih berdiri di bawah dua pohon. Kappaakan memberitahu Anda untuk berhenti mengikuti dia dan akan memberikan Power Berry Khusus.Power Berry ini akan mengurangi kesempatan Anda untuk mendapatkan sakit dengan setengahpermanen! Dengan Power Berry, Anda dapat bekerja dua kali lebih keras pada BadCuaca Hari tanpa sakit. Power Berry ini akan membantu Anda keluar yang besarbanyak!
Nah, di bagian FAQ ini, saya akan menjelaskan bagaimana dan di mana untuk menangkap6 orang legendaris Ikan. Ini mungkin tampak mudah untuk menangkap mereka, tetapi memperingatkan, itutidak semudah seperti yang terlihat. Yah, lebih dulu, Anda membutuhkan Kutub Fishing untuk mulaimenangkap salah satu ikan legendaris. Saya mengatakan Kutub Perikanan, bukan Fishing Rod. APerikanan Kutub sedikit lebih keras untuk mendapatkan, tetapi Anda dapat menangkap ikan Legendarishanya dengan Kutub Perikanan. Hal ini juga menjadi lebih mudah untuk menangkap ikan lainnya denganKutub Perikanan.

IKAN LAGENDARIS........


Semuanya  ad enam ikan ikan lagendaris, pertama-tama kaum harus memiliki Fishing Pole(pancingan speial) menangkapikan -ikan ini . Jika kamu berhasil menakap seekor Lagendary Fish, kamu akan mendapatkan  sebuah Fish Print yang dapat dilihat pada layar status dengan menekan tombol
 START , tapi sayangnya kamu tidak dapat membawa ikan-ikan ini pulang dan menjualnya.


 IKAN Legendaris # 1 .- Sea Bream: Untuk mendapatkan Ikan legendaris ini saat musim gugur, panas ,semi dans etelah Anda telah menjual lebih dari 200 Ikan, dan Anda dapat menangkap ikan ini di laut.

IKANLegendaris # 2 .- Squid: Di musim panas. Lemparkan ikan kecil di lautan dan Perikanan cast Anda Kutub di kanan Samudra setelah Anda membuang kecil masuk ikan ikan kecil bertindak sebagai umpan untuk menarik ikan legendaris setelah melemparkan umpan langsung gunakan pancingan mu dan arahkan ke arah Anda melempar umpan, beberapa kali mungkin gagal tetapi cobalah terus...Anda pasti mendapatkannya.(mencari ikan ini lebih efektif pada malam hari sampai pagi)

IKAN Legendaris # 3 .- Char: Setelah Anda memiliki Resep untuk Sashimi, GrilledIkan, dan Sushi, Anda dapat menangkap ikan legendaris ini. Anda bisa menangkap ini Legendaris Ikan di Sungai dekat Farm Anda dan / atau Air Terjun di dekat HotSprings di Musim apapun.

IKAN legendaris # 4 .- Angler: Untuk menangkap ikan legendaris ini harus pada musim salju. Pergi ke Laut antara 23:00-8:00 dan melemparkan FISHING POLE dan Anda akhirnya harus menangkap ini Ikan legendaris.

IKAN Legendaris # 5 .- Lele: Untuk mendapatkan Lele, itu harus pada musim dingin. Pergi ke Tambang Winter dan terus menggali dan menggali dan turun lantai. Setelah Anda telah turun sampai batas dasar, Anda akan menemukan Goa jika Anda masuk Anda akan menemukan sebuah kolam(hanya ada 1 ikan di dalamnya) . Jika Anda melemparkan FISHING POLE Anda di kolam tersebut, Anda  akan menangkap iniI kan legendaris. Harap dicatat bahwa Anda akan memerlukan banyak energi untuk melakukan hal ini, jadi bawa beberapa makanan untuk makan dan mendapatkan energi kembali!(kalo saya bawa bodigizer& Turbojolt)

IKAN legendaris # 6 .- Carp: Ini harus Spring, Summer, atau Fall untuk menangkap ini Ikan legendaris. Setelah Anda telah menangkap semua ikan legendaris lainnya kelima, Anda bisa menangkap ikan ini legendaris di Danau di Mother's Hill (The Mountain).

Nah, di sini adalah semua Ikan Enam legendaris. Siapa tahu, mungkin ada Ikan legendaris Rahasia Ketujuh. Apa pun mungkin. Itu yang saya suka tentang tidak pernah berakhir permainan, kemungkinan toh rahasia  tak berujung, sehingga membuat permainan lebih menyenangkan dan menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar